Tutorial Instal Ulang Windows

1. Untuk menginstal ulang windows, tentu harus punya DVD windows nya dulu

2. Setelah DVD windows 7 sudah ada, kemudian masukkan DVD windows-nya ke dalam DVD room

3. Restart PC atau laptop

4. Pada saat awal menyala, tekan tombol F2 / F10 / DEL / F1 (Setiap merk Pc atau Laptop Berbeda tombol yang ditekan untuk dapat masuk ke system BIOS, Jadi disarankan agar googling sehingga tahu tombol yang cocok untuk PC atau laptop agar dapat masuk ke system BIOS).

5. Setelah masuk ke BIOS, akan muncul tampilan seperti ini, memang tampilan BIOS untuk PC atau Laptop tidak semuanya sama, tetapi pada intinya itu sama

6. Setelah muncul tampilan seperti di atas, pilih menu Boot >> pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CD ROOM atau DVD ROOM

7. Tekan F10 dan pilih yes, otomatis PC akan restart sendiri

8. Ketika komputer kembali menyala akan tampil perintah “Press any key to boot from CD or DVD bla bla bla”. Ketika muncul tulisan seperti itu, segera tekan sembarang tombol di keyboard.

9. Setelah itu akan tampil layar hitam dengan tulisan ‘windows is loading files’ . Tunggu sampai prosesnya selesai.

10. Setelah selesai kemudian anda akan masuk ke form pengisian tentang bahasa, waktu, dan keyboard (biarkan saja seperti itu dan klik Next)

11. Klik instal now.

12. Jika anda menggunakan windows AIO yang terdiri dari banyak file windows, maka akan tampil menu seperti ini. Silahkan pilih satu versi yang ingin diinstal dikomputer atau laptop Anda kemudian klik Next

13. Setelah klik Instal Now maka akan tampil menu pilihan persetujuan, centang menu I accept the license terms, dan pilih Tombol Next.

14. Lalu anda akan masuk form yang bertuliskan ‘Which type of instalation do you want?’. pilih custom advance.

15. Masuk ke Form ‘Where Do You Want to Instal Windows’ . Nah disini anda harus berhati-hati, akan muncul beberapa partisi sesuai dengan jumlah partisi pada komputer / laptop anda,(untuk laptop baru biasanya baru ada 1 partisi saja). Kira-kira tampilannya seperti di bawah. Klik Partition System (C:).kemudian pilih format untuk memformat semua data yang berada di C. (pada langkah ini saya sarankan untuk ditemani orang yang sudah ahli)

16. Setelah proses format selesai kemudian klik next dan akan dimulai proses pengcopyan file dari dvd ke komputer kita.

17. Setelah beberapa lama nanti komputer anda akan restart sendiri, kemudian masuk ke form seperti di atas lagi untuk melanjutkan prosesnya lagi, dan kemudian akan restart lagi. Setelah restart yang kedua ini komputer anda akan memasuki proses booting yang pertama.

18. Isikan nama anda untuk menjadi nama pada komputer atau laptop anda (bebas mau diisi dengan nama apa)

19. Kemudian masuk ke form pengisian password (Saya sendiri tidak pernah mengisikan kolom ini) boleh diisi boleh tidak, kemudian klik next.

20. Kemudian masuk ke form pengisian serial number. Kosongkan saja, jangan lupa uncheck pada pilihan ‘automatically active windows . . . .’ . Setelah itu klik next

21. Selanjutnya masuk ke form setup windows. Silahkan pilih sesuai keinginan anda.

22. Setelah itu anda akan sampai di form terakhir yaitu setting format waktu. Silahkan pilih sendiri sesuai dengan daerah anda dan klik Next.

23. Kini anda sudah mempunyai windows baru yang fresh. Karena windows yang baru diinstal ini belum ada aplikasi dan program yang diinstal silahkan anda download semua kebutuhan program dan aplikasi yang anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s